SILABUS

                Sekolah                     :  MA /SMA

Mata Pelajaran           :  Sosiologi

Kelas / Program         :  X1  / Ilmu Sosial

Semester                   :  I (Satu)

Standar Kompetensi    : Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial .

No

Kompetensi Dasar

Materi pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi waktu

Sumber / Bahan / Alat

Metode

Bentuk

1.1

1.2

1.3

 

Mendiskripsikan bentuk – bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan masyarakat .

Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat

Menganalisis hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial

  • Struktur sosial:

Diferensiasi dan statifikasi sosial

 

  • Konflik

Sosial

  • Hubungan antara srtuktur sosial dengan mobilitas sosial .

 

  • § Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang diferensiasi dan stratifikasi sosial di masyarakat
  • § Secara individu mengamati deferensisasi sosial dalam kehidupan  masyarakat.
  • Secara individu mengamati stratifikasi sosial dalam kehidupan  masyarakat.

 

  • § Secara kelompok mendiskusikan diferensiasi sosial berdasarkan ras, etnis, agama dan gender .
  • Secara kelompok mendiskusikan macam-macam kriteria stratifikasi  sosial di masyarakat.
  • § Secara klasikal mendiskusikan berbagai pengaruh diferensiasi dan stratifikasi sosial yang terdapat di masyarakat
  • § Secara individu menggali informasi melalui pengamatan tentang konsolidasi dan interseksi yang ada di dalam masyarakat
  • § Secara individu mengklasifikasikan konsolidasi dan interseksi yang terjadi di dalam masyarakat
  • § Secara kelompok mengkaji contoh kasus konflik yang terjadi di masyarakat
  • § Berdiskusi  secara kelompok untuk mengklasifikasikan berbagai konflik dalam masyarakat

 

  • § Secara klasikal mendiskusikan konflik dan kekerasan
  • § Secara individu menyimpulkan hasil diskusi tentang konflik dan kekerasan.
  • § Secara klasikal mengkaji sebab-sebab terjadinya konflik  di masyarakat
  • § Secara kelompk mensimulasikan sebab –

sebab terjadinya konflik dalam masyarakat

  • § Secara kelompok memberikan solusi terbaik.
  • § Secara klasikal mengamati Visual tentang hubungan  struktur sosial dengan mobilitas sosial.
  • § Mendiskusikan secara kelompok tentang hasil pengamatan Visual.
  • § Menyimpulkan hasil diskusi dari visual tentang hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial
  • § Secara individu dapat membedakan mobilitas masyarakat kota dengan masyarakat desa .
  • § Secara individu mengkaji  dampak mobilitas sosial pada kehidupan masyarakat kota melalui visual yang ditayangkan.
  • § Secara individu mengungkapkan dalam bentuk tulisan tentang dampak mobilitas sosial.

 

  • § Mendiskripsikan

diferensiasi sosial

  • § Mendiskripsikan stratifikasi sosial
  • § Mengidentifikasi diferensiasi sosial berdasarkan ras, etnis , agama ,  dan gender .
  • § Mengidentifikasi macam-macam kriteria stratifi- kasi sosial di masyarakat
  • § Mendiskripsikan berbagai pengaruh diferensiasi dan stratifikasi sosial yang   terdapat di masyarakat
  • § Membedakan konsolidasi dan interseksi yang terjadi  di dalam masyarakat
  • Mengidentifikasi berbagai konflik dalam masyarakat
  • § Membedakan konflik dengan kekerasan
  • § Mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya  konflik dalam masyarakat
  • § Membedakan jenis-jenis mobilitas sosial.
  • § Mendeskripsikan proses terjadinya mobilitas sosial
  • § Mengidentifikasi

dampak mobilitas social

 

Tugas individu

Tugas kelompok

Tugas kelompok

Tugas kelompok

Tugas individu

Ulangan

Tugas kelompok

Tugas individu

Tugas kelompok

Ulangan

Tugas individu

Tugas idividu

Ulangan

Portofolio

Laporan tertulis

Laporan hasil diskusi

Laporan

Portofolio

PG dan Uraian

Laporan

Performen

Bermain peran

PG dan Uraian

Portofolio

Portofolio

PG dan uraian singkat

4 jam

pelajaran

4 jam

pelajaran

4 jam

pelajaran

4 jam

pelajaran

2 jam

pelajaran

2 jam

pelajaran

6 jam

pelajaran

6 jam

pelajaran

4 jam

pelajaran

2 jam

pelajaran

10 jam

pelajaran

4 jam

pelajaran

2 jam

pelajaran

Sosiologi 2, Suatu  pendekatan baru, Kusmono Hadi

Sosiologi 2 Suatu kajian kehidupan masyarakat KBK, tim Sosiologi

Sosiologi 2 KBK,           Janu M, Grafindo

Buku Yudhistira Kelas X1

Buku Airlangga Esis, Kelas X1

Buku Yudhistira Kelas X

Buku Yudhistira Kelas XI  .

Buku Yudhistira Kelas X

Buku Yudhistira Kelas XI

Buku Yudhistira Kelas X

Buku Yudhistira Kelas XI

Buku Yudhistira Kelas X

Buku Yudhistira Kelas XI

CD

Internet

 

 

SILABUS

            Sekolah                         :  MA / SMA

Mata Pelajaran               :  Sosiologi

Kelas / Program             :  X1  / Ilmu Sosial

Semester                                   :  2 (dua)

Standar Kompetensi        :  menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural .

No

Kompetensi Dasar

Materi pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi waktu

Sumber / : Bahan / Alat

Metode

Bentuk

2.1

2.2

2.3

Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural

Menganalisis perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.

Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural .

 

  • Kelompok sosial dalam masyarakat multikultural

 

  • § Secara individu menggali informasi melalui studi kepustakaan dan media massa tentang masyarakat multikultural
  • § Secara kelompok menggali informasi melalui study kepustakaan dan media massa tentang penyebab terjadinya masyarakat multikultural
  • § Secara kelompok merumuskan pengertian dan ciri-ciri masyarakat multikultural
  • § Secara kelompok membuat tulisan melalui studi pustaka tentang keanekaragaman suku bangsa di Indonesia bagian barat, tengah dan timur.
  • § Secara klasikal mendiskusikan hasil tulisan tentang keanekaragaman suku bangsa di Indonesia bagian barat, tengah dan timur.
  • § Secara klasikal menguraikan konsekuensi perubahan sosial ekonomi, politik, budaya terhadap perkembangan kelompok sosial
  • § Secara individu mengungkapkan satu contoh kasus keanekaragaman kelompok sosial.
  • § Secara individu mengemukakan gagasan dalam penanganan  kasus yang diakibatkan dari keanekaraman kelompok sosial.
  • § Mengidentifikasi ciri – ciri masyarakat .

multikultural.

  • § Mengidentifikasi  faktor-faktor yang menyebabkan  terbentuknya masyarakat multikultural.
  • § Mendiskripsikan keaneka ragaman suku bangsa di Indonesia bagian barat, tengah dan timur .
  • § Menjelaskan konsekuensi perubahan sosial ekonomi, politik, budaya terhadap perkembangan kelompok sosial
  • § Menjelaskan dengan contoh kasus keaneka -ragaman kelompok sosial.

 

Tugas individu dan kelompok

Tugas kelompok

Tugas kelompok

Tugas individu

Ulangan

Tugas individu

Ulangan

Performan

Laporan

Laporan

Laporan

PG dan Uraian

Portofolio

PG dan uraian

 

4 jam

pelajaran

20 jam

pelajaran

10 jam

pelajaran

5 jam

pelajaran

2 jam

pelajaran

14 jam

pelajaran

2 jam

pelajaran

Lauper Robert H                         1989

Gambar

Presfektif tentang perubahan sosial budaya

Sosiologi pengantar Kamanto S

Sosiologi SMA Idiantoro

Airlangga

Gambar Peta / Atlas

Sosiologi 2 Suatu kajian kehidupan masyarakat KBK, tim Sosiologi

Sosiologi  2 KBK,           Janu M, Grafindo