RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SMA NEGERI 1 LANGIT JINGGA
Mata Pelajaran : SOSIOLOGI
Kelas / semester : XI IPS/ 2
Alokasi waktu : 9 x 45 menit
Standar kompetensi : Mendeskripsikan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
Kompetensi dasar : Mendeskripsikan perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
Indikator :
  • Mendefinisikan masyarakat multikultural
  • Mendeskripsikan perkembangan masyarakat Indonesia yang multikultur
  • Mengidentifikasi latar belakang kemajemukan masyarakat Indonesia


A. Tujuan Pembelajaran

  1. Siswa dapat menjelaskan pengertian masyarakat multikultural
  2. Siswa dapat deskripsikan perkembangan masyarakat Indonesia yang multikultur
  3. Siswa dapat mengidentifikasi latar belakang kemajemukan masyarakat Indonesia

B. Materi Pokok / Pembelajaran

  1. Masyarakat Multikultural

C. Metode Pembelajaran

  1.      Diskusi kelompok problem solving, jigsaw

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 (3 JP)                           

1. Kegiatan Awal (10’)

  • Menginformasikan tujuan pembelajaran yaitu mendefinisikan masyarakat multikultural
  • Memotivasi siswa untuk mengetahui lebih lanjut tentang masyarakat multikultural

2. Kegiatan Inti (115’)

  • Eksplorasi
    • Siswa secara berkelompok mendiskusikan definisi masyarakat multikultural menurut J.S Furnival, Nasikun, Clifford Geertz, dan Pierre Van den Berghe
    • Masing-masing kelompok memberikan contoh kasus untuk tiap definisi
    • Elaborasi
      • Beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang definisi masyarakat multikultural
      • Kelompok lain memperhatikan materi presentasi
    • Konfirmasi
      • Guru memberikan konfirmasi dengan mengoreksi pendapat yang salah dan memberikan penegasan pada jawaban yang benar
      • Kelompok yang mengajukan jawaban yang kurang tepat diharapkan memperbaiki jawaban tersebut

3. Kegiatan Akhir

  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan
  • Menunjuk beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran

Pertemuan 2 (3 JP)

  1. Kegiatan Awal (10’)
  • Mempersiapkan siswa dengan mengajukan pertanyaan tentang materi sembelumnya yaitu definisi masyarakat multikultural
  • Menginformasikan tujuan pembelajaran kali ini yaitu tentang perkembangan masyarakat Indonesia yang multikultur
  1. Kegiatan Inti (115’)
  • Eksplorasi
    • Siswa secara berkelompok mendiskusikan jenis-jenis konflik sosial untuk membuat suatu performans berupa parodi atau drama singkat
    • Kelompok 1 mengkaji tentang kelompok sosial berdasarkan ras
    • Kelompok 2 mengkaji tentang kelompok sosial berdasarkan bahasa
    • Kelompok 3 mengkaji tentang kelompok sosial berdasarkan suku bangsa
    • Kelompok 4 mengkaji tentang kelompok sosial berdasarkan agama
    • Elaborasi
      • Beberapa kelompok mempresentasikan adegan drama singkat atau parodi tentang konflik sosial
      • Kelompok lain memperhatikan materi presentasi
    • Konfirmasi
    1. Guru memberikan konfirmasi dengan mengoreksi performans siswa
    2. Kelompok yang mengajukan jawaban yang kurang tepat diharapkan memperbaiki jawaban tersebut
  1. Kegiatan Akhir (10’)
  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang perkembangan masyarakat Indonesia yang multikultur
  • Mengajukan beberapa pertanyaan penutup kepada siswa untuk mengecek pemahaman siswa terhadap materi pelajaran
  • Menunjuk beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran

Pertemuan 3 (3JP)

  1. Kegiatan Awal (10’)
  • Mengajukan pertanyaan tentang materi sebelumnya tentang perkembangan masyarakat Indonesia yang multikultur
  • Menginformasikan tujuan pembelajaran kali ini yaitu tentang latar belakang kemajemukan masyarakat Indonesia

2. Kegiatan Inti (115’)

  • Eksplorasi
    • Siswa secara berkelompok mendiskusikan tentang latar belakang kemajemukan masyarakat Indonesia yaitu sebagai berikut:

Latar belakang historis

Kondisi geografis

Keterbukaan terhadap kebudayaan luar

  • Masing-masing kelompok memberikan contoh kasus dari latar belakang kemajemukan masyarakat Indonesia
  • Elaborasi
    • Beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang latar belakang kemajemukan masyarakat Indonesia
    • Kelompok lain memperhatikan materi presentasi
    • Konfirmasi
      • Guru memberikan konfirmasi dengan mengoreksi pendapat yang salah dan memberikan penegasan pada jawaban yang benar
      • Kelompok yang mengajukan jawaban yang kurang tepat diharapkan memperbaiki jawaban tersebut
  1. Kegiatan Akhir (10’)
  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan
  • Menunjuk beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran
  1. Alat, bahan dan sumber belajar
  • Wikipedia ensiklopedi, Sosiologi suatu pengantar (Soerjono Seokanto),  Sosiologi (Paul B Horton dan Charles L Hunt)
  • Sumber dari artikel, internet dan bahan lain yang relevan

F.     Penilaian

  1. Jenis tagihan     : soal esai
  1. Apakah yang dimaksud dengan masyarakat multikultural menurut pendapat anda?
  2. Deskripsikan ciri-ciri masyarakat majemuk menurut Pierre L Van den Berghe!
  3. Apakah yang dimaksud dengan masyarakat majemuk dengan mayoritas dominan?
  4. Apakah yang dimaksud dengan masyarakat majemuk dengan fragmentasi?
  5. Deskripsikan latar belakang kemajemukan masyarakat Indonesia!
  1. Bentuk instrumen  : uraian

Semarang, 13 Juli 2011

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                             Guru Mata Pelajaran

Muhammad Bimo Yudhantoko, S.Pd                                   Risky Ariyani, S.Sos

NIP. 19920125 20100913 001                                     NIP. 1991022220100913002