RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SMA NEGERI 1 LANGIT JINGGA
Mata Pelajaran : SOSIOLOGI
Kelas / semester : XI IPS/ 2
Alokasi waktu : 9 x 45 menit
Standar kompetensi : Mendeskripsikan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
Kompetensi dasar : Mendeskripsikan perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
Indikator : § Mendefinisikan masyarakat multikultural

§ Mendeskripsikan perkembangan masyarakat Indonesia yang multikultur

§ Mengidentifikasi latar belakang kemajemukan masyarakat Indonesia

A. Tujuan Pembelajaran

  1. Siswa dapat mendeskripsikan interseksi
  2. Siswa dapat mengidentifikasi konsolidasi
  3. Siswa dapat mendeskripsikan mutual akulturasi
  4. Siswa dapat mendeskripsikan stereotip etnis
  5. Siswa dapat mendeskripsikan etnosentrisme
  6. Siswa dapat mendeskripsikan politik aliran

B. Materi Pokok / Pembelajaran

  1. Konsekuensi Masyarakat Multikultural

C. Metode Pembelajaran

  1.     Diskusi kelompok, role play, jigsaw

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 (3 JP)

1. Kegiatan Awal (10’)

  • Mengajukan beberapa pertanyaan tentang materi pelajaran yang lalu yaitu masyarakat multikultural
  • Menginformasikan tujuan pembelajaran pada pertemuan kali ini yaitu mendiskusikan tentang interseksi

2.  Kegiatan Inti (115’)

  • Eksplorasi
    • Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
    • Masing-masing kelompok mengkaji tentang interseksi
    • Kelompok 1 mengkaji tentang pengertian interseksi
    • Kelompok 2 mengkaji tentang dampak interseksi
    • Kelompok 3 mengkaji tentang saluran interseksi melalui perdagangan
    • Kelompok 4 mengkaji tentang saluran interseksi melalui perindustrian
    • Kelompok 5 mengkaji tentang saluran interseksi melalui pendidikan
    • Kelompok 6 mengkaji tentang saluran interseksi melalui politik
    • Elaborasi
      • Beberapa kelompok mempresentasikan materi interseksi sesuai dengan tugas yang diberikan
      • Kelompok lain memperhatikan presentasi dan mempersiapkan kritik dan saran

      Konfirmasi

      • Guru memberikan konfirmasi dengan memberikan tanggapan terhadap komentar siswa dalam diskusi kelompok

3. Kegiatan Akhir (10’)

  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan
  • Menunjuk beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran

Pertemuan 2 (3 JP)

  1. Kegiatan Awal (10’)
  • Mengajukan beberapa pertanyaan tentang materi pelajaran yang lalu yaitu interseksi
  • Menginformasikan tujuan pembelajaran pada pertemuan kali ini yaitu mendiskusikan tentang konsolidasi
  1. Kegiatan Inti (115’)
  • Eksplorasi
    • Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
    • Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang konsolidasi
    • Elaborasi
      • Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi
      • Konfirmasi
        • Guru memberikan konfirmasi dengan memberikan penekanan pada materi diskusi dan meluruskan jawaban-jawaban serta tanggapan yang tidak tepat
  1. Kegiatan Akhir (10’)
  • Masing-masing kelompok yang telah mempresentasikan hasil diskusi mereka memberikan kesimpulan
  • Memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipresentasikan untuk menambah pemahaman siswa

Pertemuan 3 (1 JP)

  1. Kegiatan Awal (5’)
  • Mengajukan beberapa pertanyaan tentang materi pelajaran yang lalu yaitu konsolidasi
  • Menginformasikan tujuan pembelajaran kali ini yaitu mendiskusikan tentang mutual akulturasi
  1. Kegiatan Inti (30’)
  • Eksplorasi
    • Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
    • Masing-masing kelompok mediskusikan tentang mutual akulturasi
    • Elaborasi
      • Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi
      • Kelompok lain menanggapi dengan memberikan pertanyaan dan sanggahan
      • Konfirmasi
        • Guru memberikan konfirmasi dengan memberikan penekanan pada materi diskusi dan meluruskan jawaban-jawaban serta tanggapan yang tidak tepat
  1. Kegiatan Akhir (10’)
  • Masing-masing kelompok yang telah mempresetasikan hasil diskusinya memberikan kesimpulan
  • Memberikan penguatan terhadap materi yang telah dibahas melalui diskusi kelompok

Pertemuan 4 (2 JP)

  1. Kegiatan Awal (10’)
  • Mengajukan beberapa pertanyaan tentang materi pelajaran yang lalu yaitu tentang mutual akulturasi
  • Menginformasikan tujuan pembelajaran hari ini yaitu tentang stereotip etnis
  1. Kegiatan Inti (70’)
  • Eksplorasi
    • Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
    • Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang stereotip etnis
    • Elaborasi
      • Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi
      • Kelompok lain menanggapi dengan memberikan pernyataan dan sanggahan
      • Konfirmasi
        • Guru memberikan konfirmasi dengan memberikan penekanan pada materi diskusi dan meluruskan jawaban-jawaban serta tanggapan yang tidak tepat
  1. Kegiatan Akhir (10’)
  • Masing-masing kelompok yang telah mempresetasikan hasil diskusinya memberikan kesimpulan
  • Memberikan penguatan terhadap materi yang telah dibahas melalui diskusi kelompok

Pertemuan 5 (2 JP)

1. Kegiatan Awal (10’)

  • Mengajukan beberapa pertanyaan tentang materi pelajaran yang lalu yaitu stereotip etnis
  • Menginformasikan tujuan pembelajaran hari ini yaitu tentang etnosentrisme

2. Kegiatan Inti (70’)

  • Eksplorasi
    • Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
    • Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang etnosentrisme
    • Adapun materi yang didiskusikan:
  1. Definisi etnosentrisme
  2. Kepribadian dan etnosentrisme
  3. Pengaruh etnosentrisme
  • Elaborasi
    • Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi
    • Kelompok lain menanggapi dengan memberikan pernyataan dan sanggahan
    • Konfirmasi
      • Guru memberikan konfirmasi dengan memberikan penekanan pada materi diskusi dan meluruskan jawaban-jawaban serta tanggapan yang tidak tepat
  1. Kegiatan Akhir (10’)
  • Masing-masing kelompok yang telah mempresetasikan hasil diskusinya memberikan kesimpulan
  • Memberikan penguatan terhadap materi yang telah dibahas melalui diskusi kelompok

Pertemuan 6 (1 JP)

  1. Kegiatan Awal (5’)
  • Mengajukan beberapa pertanyaan tentang materi pelajaran yang lalu yaitu etnosentrisme
  • Menginformasikan tujuan pembelajaran hari ini yaitu tentang politik aliran
  1. Kegiatan Inti (30’)
  • Eksplorasi
    • Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
    • Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang politik aliran
    • Ø Adapun materi yang didiskusikan:
  1. Golongan priyayi
  2. Golongan abangan
  3. Golongan santri
  • Elaborasi
    • Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi
    • Kelompok lain menanggapi dengan memberikan pernyataan dan sanggahan
    • Konfirmasi
      • Guru memberikan konfirmasi dengan memberikan penekanan pada materi diskusi dan meluruskan jawaban-jawaban serta tanggapan yang tidak tepat

    1. Kegiatan Akhir (10’)

  • Masing-masing kelompok yang telah mempresetasikan hasil diskusinya memberikan kesimpulan
  • Memberikan penguatan terhadap materi yang telah dibahas melalui diskusi kelompok

2. Alat, bahan dan sumber belajar

  • Wikipedia ensiklopedi, Sosiologi suatu pengantar (Soerjono Seokanto),  Sosiologi (Paul B Horton dan Charles L Hunt)
  • Sumber dari artikel, internet dan bahan lain yang relevan

F.       Penilaian

Penilaian Performans

  • Performans tentang konsekuensi masyarakat multikultural
  • Aspek yang dinilai:
    • Kecakapan akademis
    • Kecakapan sosial
    • Pedoman penskoran:

No.

Aspek Yang Dinilai

Kriteria

1.

1.    Kecakapan akademis

  • Penguasaan materi
Skor 5, jika penguasaan materi sangat baik

Skor 4, jika penguasaan materi baik

Skor 3, jika penguasaan materi sedang

Skor 2, jika penguasaan materi kurang

Skor 1, jika penguasaan materi sangat kurang

  • Pengembangan konsep
Skor 5, jika mampu mengembangkan konsep dengan sangat baik

Skor 4, jika mampu mengembangkan konsep dengan baik

Skor 3, jika cukup pengembangan konsepnya

Skor 2, jika kurang pengembangan konsepnya

Skor 1, jika sangat kurang pengembangan konsepnya

2.

Kecakapan sosial

  • Penghayatan peran
Skor 5, jika penghayatan peran sangat baik

Skor 4, jika penghayatan peran baik

Skor 3, jika penghayatan peran cukup

Skor 2, jika penghayatan peran kurang

Skor 1, jika penghayatan peran sangat kurang

  • Intonasi suara
Skor 5, jika intonasi suara sangat baik pada saat penampilan

Skor 4, jika intonasi suara baik pada saat penampilan

Skor 3, jika intonasi suara cukup pada saat penampilan

Skor 2, jika intonasi suara kurang pada saat penampilan

Skor 1, jika intonasi suara sangat kurang pada saat penampilan

  • Ekspresi
Skor 5, jika ekspresi sangat baik

Skor 4, jika ekspresi baik

Skor 3, jika ekspresi cukup

Skor 2, jika ekspresi kelompok kurang

Skor 1, jika ekspresi sangat kurang

FORMAT PENILAIAN PERFORMANS TENTANG KONSEKUENSI MASYARAKAT MULTIKULTURAL

 

No.

Aspek Yang Dinilai

 

Nama

Siswa

Kecakapan Akademis

Kecakapan Sosial

Penguasaan Konsep

Pengembangan Konsep

Penghayatan peran

Intonasi suara

ekspresi

1.

 

2.

 

3.

 

4.

 

5.

 

6.

 

7.

 

8.

 

Semarang, 13 Juli 2011

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                    Guru Mata Pelajaran

 

Muhammad Bimo Yudhantoko,SE                             Risky Ariyani, S.Sos

NIP. 19920125 20100913 001                                  NIP. 1991022220100913002